Jumat, 14 Januari 2011

ANALISA SWOT PONARI SWEAT


ANALISA SWOT


SWOT adalah singkatan yg diambil dari huruf depan kata Strength, Weakness, Opportunity dan Threat, yg dalam bahasa Indonesia mudahnya diartikan sbg Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman.
Metoda analisa SWOT bisa dianggap sebagai metoda analisa yg paling dasar, yg berguna untuk melihat suatu topik atau permasalahan dari 4 sisi yg berbeda. Hasil analisa biasanya adalah arahan/rekomendasi utk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari peluang yg ada, sambil mengurangi kekurangan dan menghindari ancaman.

1.) Strength ( kekuatan )
- Kapasitas produksi yang besar (diatas 100 juta liter/tahun)
- Distribusiu Channel yang telah terbangun sejak tahun 1990-an
- Edukasi konsumen yang telah terbangun sejak tahun 1990-an menciptakan konsumen yang loyal
- Keikutsertaan kegiatan-kegiatan sosial semakin memperkuat citra produk Ponari Sweat
- Sudah identik dengan event-event olahraga

2.) Weakness ( kelemahan )
- Kurangnya pemahaman produk dari distribusi channel, khusunya traditional channel yang umumnya menganggap Ponari Sweat sejajar dengan minuman energi lainnya, bahkan minuman ringan.

3.) Opportunity ( Peluang )
- Persepsi masyarakat terhadap Ponari Sweat yang memiliki kemampuan medis untuk membantu penyembuhan.

4.) Threat ( Ancaman )
- Kompetitor baru dari perusahaan yang telah bergerak dibidang makanan & minuman sebelumnya, sehingga memanfaatkan jalur distribusi yang telah ada.
- Konsumen sudah semakin pintar dan selektif dalam memilih produk.
- Isu kesehatan, keamanan jangka panjang bila mengkonsumsi minuman isotonik, terkait isu bahan alami dan bahan pengawet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar